Keutamaan Al Quran

26 Februari 2016

1.-300x237

Arahan:

Peserta mengetahui bahwa Al-Qur’an adalah ciptaan Allah, bukan ciptaan manusia.


Allah adalah pencipta, pemilik, pemelihara dan penguasa. Allah menciptakan alam semesta dan menciptakan manusia. Manusia ketika lahir dalam keadaan lemah, tidak mengetahui apa-apa, berlumuran darah dan tidak berpakaian. Bingung atas penciptaannya, apa tujuan hidupnya, bagaimana cara hidupnya dan apa yang harus dilakukan dalam hidup ini ?
Nah.. untuk membimbing manusia bagaimana caranya mengatur kehidupan, apa yang harus dikerjakan, Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman bagi manusia.

Baca entri selengkapnya »


Akhlak Rasulullah

26 Februari 2016

TUJUAN

· Peserta tumbuh kesadarannya untuk meneladani akhlak Rasulullah SAW
· Peserta mengetahui contoh akhlak yang mulia
· Peserta mengetahui contoh akhlak tercela

RINCIAN BAHASAN

· Misi utama diutusnya Rasul ke dunia ialah untuk menyempurnakan akhlak manusia. “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan keluhuran akhlak” (Hadits).
· Akhlak Rasulullah mencakup segala sisi kehidupan, yaitu sebagai suami, kepala pemerintahan, pemimpin tertinggi pasukan Islam, dsb.
· Rasulullah memiliki akhlak yang agung (QS. 68:4) dan patut dijadikan teladan oleh umat Islam (QS. 33:21).

Akhlak Rasulullah secara Umum
Baca entri selengkapnya »


Umar Bin Khoththob

26 Februari 2016
Umar Bin Khoththob

Tujuan/Target:

· Pembaca mendengar dengan penuh perhatian dan dapat mengingat cerita Umar dalam jangka waktu yang lama. Dapat dilakukan dengan gaya bercerita yang khas dan menarik.
· Pembaca tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang sahabat-sahabat Nabi yang lain dengan terus mengikuti mentoring.
· Pembaca dapat menerapkan keutamaan-keutamaan Umar dalam kehidupan sehari-hari.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Adik-adik ….gimana khabarnya?? Masih semanget ikut mentoring ‘kan??? (masi dong ya..). Nah sekarang Insya Allah saya mau cerita tentang seseorang yang sudah dijamin masuk surga oleh Allah. Adik-adik mau masuk surga ‘ngga??? Pasti pada mau ‘kan! saya juga mau….makanya kalau mau masuk surga kita harus mencontoh orang-orang yang sudah dijamin masuk surga oleh Allah diantaranya yang mau saya ceritain ini, dengerin yaa…..

Games
   Adik-adik, sebelum cerita saya punya tebakan. Adik-adik jawab ya, orang yang mau saya ceritain ini jago gulat…(pokoknya kuat banget deh) terus kalau jalan sama temen-temennya kepalanya terlihat soalnya badannya tinggi besar. Ayo…siapa coba, belum tau juga. Yah udah saya kasih keterangan lain…kalau dia bicara, orang lain pasti harus ngedengerin, kalau berjalan langkahnya cepet seperti dikejar orang dan kalau berkelahi pukulannya adalah pukulan maut. Udah mau tau belum??? Inisial namanya dari huruf “U”, terus beliau ini……khalifah kedua setelah Abu Bakar. Iya pinter!!!! Umar bin Khoththob. Nah karena adik-adik sudah bisa ngejawab saya kasih hadiah, hadiahnya cerita tentang kehebatan Umar, pst..pst..pst..jangan pada ribut ya soalnya ceritanya seru banget, sebelum kita cerita kita baca Basmallah bareng-bareng yuuk….Bismillairrahmanirrahim.

Umar bin Khoththob, Sahabat Rasul yang dijamin masuk surga

Adik-adik …Umar itu punya banyak banget keutamaan, beberapa diantaranya bisa kita tahu lewat cerita-cerita ini:
Baca entri selengkapnya »


Materi Ukhuwah Islamiyah

12 Februari 2016

TUJUAN

· Peserta memahami makna dan hakekat UI
· Peserta mengetahui perbedaan UI dan Ukhuwah Jahiliyah
· Peserta mengetahui hal-hal yang menguatkan ukhuwah dan buah dari UI

GAME
Menyusun Bujur Sangkar


Media :
* Sembilan (9) bujur sangkar dari karton / kertas berukuran sama yang telah dipotong secara acak dan dipisah-pisahkan ke dalam 3 amplop

Cara :
* Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Masing-masing kelompok mengirimkan 3 orang sebagai pekerja yang duduk secara melingkar, sedangkan yang lainnya bertugas sebagai pengawas
* Tiap kelompok mendapat satu amplop yang berasal dari tiga bujur sangkar yang berukuran sama dan telah dipotong secara acak
* Mentor bertugas membagikan membagikan potongan-potongan acak dari bujur sangkar tersebut kepada setiap pekerja kelompok
* Tiap pekerja mendapatkan 3-5 potongan karton
* Setiap pekerja diberi waktu tiga menit untuk membentuk bujur sangkar dari potongan karton tersebut
* Pekerja boleh memberikan potongan karton yang dimiliknya kepada teman pekerja lain dalam kelompoknya tetapi tidak boleh memintanya
* Pekerja tidak boleh berkomunikasi sesama pekerja dan tidak boleh memberi petunjuk atau berdiskusi dengan temannya untuk menentukan letak potongan karton yang dimilikinya atau yang diperoleh temannya
* Pekerja yang sudah membentuk bujur sangkar miliknya boleh merubahnya lagi sedemikian sehingga setiap pekerja akan memiliki atau membentuk sebuah bujur sangkar
* Pengawas bertugas mengawasi dan memberikan penilaian terhadap jalannya permainan. Pengawas berhak menegur pekerja yang melanggar ketentuan

Kriteria Keberhasilan
= Setiap pekerja atau kelompok dapat membentuk bujur sangkar dalam waktu yang ditentukan
= Setiap pekerja menolong temannya dengan memberikan potongan bujur sangkar yang dimilikinya
= Setiap pengawas menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya

Hikmah
= Ta’awun/ saling tolong menolong adalah salah satu kunci ukhuwah
= Pentingnya tausiyah dalam membina ukhuwah

RINCIAN BAHASAN
Makna Ukhuwah Islamiyah

* Menurut Imam Hasan Al-Banna : Ukhuwah Islamiyah adalah keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan ikatan Aqidah.
Hakekat Ukhuwah Islamiyah
Baca entri selengkapnya »


Nikmat Iman dan Islam

12 Februari 2016
_____________________________
J   Perkenalan (ta’aruf)
J   Kisah Islamnya Salman Al Farisi
————————————————————————-


Assalamu’alaikum Wr. Wb!!
Adik-adik sekalian yang kakak cintai karena Allah, Alhamdulillah. Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memudahkan kita untuk bertemu di dalam majelis atau pertemuan kita yang mulia ini. Adik-adik, majelis ini insya Allah akan menjadi tempat bagi kita semua untuk saling mengingatkan akan kebesaran Allah ‘Azza wa Jalla. Mudah-mudahan keimanan kita kepada-Nya pun menjadi semakin mantap dan yakin. Insya Allah!!
Shalawat dan salam kita tujukan kepada nabi kita Rasulullah Muhammad SAW. Juga tidak lupa kepada keluarga dan para shahabat beliau yang senantiasa menjaga dengan teguh keimanan dan keislamannya hingga akhir hayat mereka.

Kisah Salman Al Farisi
Baca entri selengkapnya »


Pentingnya Akhlak Islami

21 Januari 2016

Perihal-Akhlak-Baik-dan-Buruk-Dimata-Allah

Pentingnya Akhlak Islami

TUJUAN

· Peserta memahami makna akhlak
· Peserta mengetahui sumber akhlak Islam
· Peserta mengetahui faktor-faktor pembentuk akhlak
· Peserta memahami pentingnya akhlak Islami
· Peserta mengetahui cara membentuk akhlak mulia

RINCIAN BAHASAN

Definisi Akhlak
   Allah adalah Khalik yang menciptakan segala sesuatu di luar diri-Nya. Sedangkan segala sesuatu yang diciptakan-Nya disebut makhluk. Manusia dan segala sesuatu yang menyertainya adalah juga makhluk. Sekarang akhlak. Apakah akhlak itu? Jawabannya mudah : Akhlak ialah semua tingkah laku dan gerak-gerik makhluk dan yang dimaksud makhluk di sini (telah dipersempit) ialah manusia (hanya menyangkut tingkah laku manusia saja).

Sumber Akhlak Islam
   Akhlak yang benar akan terbentuk bila sumbernya benar. Sumber akhlak bagi seorang muslim adalah al-Qur’an dan as-Sunnah. Sehingga ukuran baik atau buruk, patut atau tidak secara utuh diukur dengan al-Qur’an dan as-Sunnah. Sedangkan tradisi merupakan pelengkap selama hal itu tidak bertentangan dengan apa yang telah digariskan oleh Allah dan Rasul-Nya. Menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sumber akhlak merupakan suatu kewajaran bahkan keharusan. Sebab keduanya berasal dari Allah dan oleh-Nya manusia diciptakan. Pasti ada kesesuaian antara manusia sebagai makhluk dengan sistem norma yang datang dari Allah SWT.

Faktor-faktor Pembentuk Akhlak
Baca entri selengkapnya »


Ihsan

21 Januari 2016

30187-hidup-akan-selalu-indah-meski-seberapapun-beratnya-masalah-jika

TUJUAN

  • Peserta memahami hakikat ihsan dan balasan bagi orang-orang yang berbuat ihsan
  • Peserta mengetahui landasan berbuat ihsan
  • Peserta mengetahui cara beramal dengan ihsan

RINCIAN BAHASAN

Pengertian
Ihsan dianalogikan sebagai atap bangunan Islam (Rukun Iman adalah pondasi, rukun Islam adalah tiang-tiang bangunannya). Sebagaimana sebuah atap yang berfungsi untuk melindungi isi bangunan, begitu pula dengan ihsan. Ihsan (perbuatan baik dan berkualitas) berfungsi sebagai pelindung bagi bangunan keislaman seseorang. Jika seseorang berbuat ihsan, maka amal-amal Islam lainnya akan terpelihara dan tahan lama.
Baca entri selengkapnya »