Taekwondo

Halo teman!

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu olahraga seni beladiri asal Korea yaitu Taekwondo.  Taekwondo, Mungkin bagi sebagian orang akan bertanya, Apa sich manfaat Taekwondo? apa sih yang bisa diambil dari taekwondo? toh kita juga kalo berantem di luar juga asal-asalan asal tonjok yang penting kena.. emangnya mikirin pake jurus segala.. apalagi musti ambil kuda-kuda segala kan ribet! mending ambil batu aja yang gede terus timpuk deh ke mukanya, kan kelar tuh..

hey bung come on! menurut L apakah semua itu kelar dengan begitu saja? apakah manfaatnya hanya untuk berantem saja?  Emangnya kuat ngelempar batu yang segitu gedenya ?  oke untuk menbuka pikiran anda mari kita lihat hal-hal berikut!

Kenapa harus taekwondo?

  1. taekwondo merupakan dasar-dasar dari gerakan bela diri lainnya (terbukti dari teman saya yang belajar bela diri lain juga mempelajari teknik yang sama hanya di tambah variasi saja sedikit).
  2. Terhindar dari cedera parah karena pemanasannya di lakukan menyeluruh dan lama.
  3. Pola gerakan taekwondo sangat indah dan sistematis.
  4. taekwondo bukan hanya mengajarkan untuk bertarung tapi juga megajarkan bagaimana cara untuk mendisiplinkan diri.
  5. Taekwondo terkenal dengan tendangannya, walaupun tidak setangkas tangan, kaki mempunyai keunggulan dalam jangkauan jarak dan kekuatan.. apabila dilatih dengan baik maka akan menjadi senjata yang mematikan..

Kenapa saya masuk taekwondo?

Sebenarnya saya bertemu dengan Taekwondo berawal Taekwondodari ketidak sengajaan. Ketika itu saya masih kelas 1 sma sebenernya simple karena saya sekolah di sekolah baru saya merupakan angkatan pertama di sana (setelah sebelumnya sempet juga jadi angkatan pertama di taman kanak-anak) ekskul yang ada hanyalah taekwondo. Sebetulnya saya lebih berminat dengan futsal atau basket namun berhubung kala itu yang ada hanyalah taekwondo ya mau tidak mau, suka tidak suka saya ambil ekskul ini.. daripada saya hanya bengong dirumah dan bantuin ngerepotin nyokap, bantuin ngbisin makanan di rumah juga bikin kesel kakak gw yang kerjanya marah-marah mulu tiap hari.. mendingan cari aktivitas, ya itung2 sambil menyelam tenggelam lah pkknya.. Lho salah ya..

Manfaat Taekwondo ?

Taekwondo mempunyai banyak kelebihan, tidak hanya mengajarkan aspek fisik semata tapi juga sangat menekankan pengajaran aspek disiplin mental.dengan demikian akan membentuk sikap mental yang kuat dan etika yang baik. Taerkwondo mengandung aspek fillosofi yang mendalam sehingga dengan mempelajari Taekwondo pikiran, jiwa dan raga kita secara menyeluruh akan di tumbuh dan kembangkan.. gak percaya? Boleh coba, Cuma gope kq.. 🙂

Dan berawal dari taekwondo lah saya menjadi seperti sekarang ini.. di taekwondo saya juga diajarkan bagaimana sopan santun, kedisiplinan, memanagement waktu maupun keuangan dan diajarkan pula bagaimana menjadi pemimpin di depan, solidaritas yang tinggi, bagaimana berorganissi dan juga semangat kekeluargaan yang begitu kental! Alah bahasanya keberatan euy.. pokonya banyak deh..

Tidak hanya itu manfaatnya sangat terasa ketika saya mulai rutin menjalani olah raga bela diri ini.. terutama perubahan yang paling mencolok adalah dari segi kebugaran jasmani saya..  saya menjadi jarang sakit dan juga terhindar dari kelelahan yang berarti dalam beraktivitas.

Definisi Taekwondo

Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do, Taekwon-Do) adalah olahraga bela diri asal Korea yang juga populer di Indonesia, olah raga ini juga merupakan olahraga nasional Korea. Ini adalah seni bela diri yang paling banyak dimainkan di dunia dan juga dipertandingkan diOlimpiade.

Dalam bahasa Koreahanja untuk Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki”;Kwon berarti “tinju”; dan Do berarti “jalan” atau “seni”. Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”. Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam berbagai bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo adalah gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olahraga, olah tubuh, hiburan, dan filsafat.

Meskipun ada banyak perbedaan doktriner dan teknik di antara berbagai organisasi taekwondo, seni ini pada umumnya menekankan tendangan yang dilakukan dari suatu sikap bergerak, dengan menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhlan lawan dari kejauhan. Dalam suatu pertandingan, tendangan berputar, 45 derajat, depan, kapak dan samping adalah yang paling banyak dipergunakan; tendangan yang dilakukan mencakup tendangan melompat, berputar, skip dan menjatuhkan, seringkali dalam bentuk kombinasi beberapa tendangan. Latihan taekwondo juga mencakup suatu sistem yang menyeluruh dari pukulan dan pertahanan dengan tangan, tetapi pada umumnya tidak menekankan grappling(pergulatan).

Tiga materi dalam latihan

  1. Poomse atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri, yang dilakukan melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram rangkaian gerakan poomse didasari oleh filosofi timur yang menggambarkan semangat dan cara pandang bangsa Korea.
  2. Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/obyek benda mati, untuk mengukur kemampuan dan ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang biasanya dipakai antara lain papan kayu, batu bata, genting, dan lain-lain. Teknik tersebut dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.
  3. Kyoruki atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri.

Filosofi sabuk pada Tae Kwon Do

  • Putih melambangkan kesucian, awal/dasar dari semua warna,permulaan.(mempelajari jurus dasar 1)
  • Kuning melambangkan bumi,disinilah mulai ditanamkan dasar-dasar TKD dengan kuat.?(mempelajari jurus dasar 2 dan 3.Sebelum naik sabuk hijau biasanya naik ke sabuk kuning strip hijau terlebih dulu.
  • Hijau melambangkan hijaunya pepohonan,pada saat inilah dasar TKD mulai ditumbuhkembangkan.(mempelajari taeguk2).Sebelum naik ke sabuk biru biasanya naik ke sabuk hijau strip biru terlebih dulu.
  • Biru melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya,memberi arti bahwa kita harus mulai mengetahui apa yang telah kita pelajari.(mempelajari taeguk 4).Sebelum naik sabuk merah biasanya naik ke sabuk biru strip merah terlebih dulu.
  • Merah melambangkan matahari artinya bahwa kita mulai menjadi pedoman bagi orang lain dan mengingatkan harus dapat mengontrol setiap sikap dan tindakan kita.(mempelajari taeguk 6). Sebelum naik sabuk hitam, biasanya naik ke sabuk merah strip satu dan merah strip dua dahulu. Maksud dari matahari adalah tingkaran di mana seorang sabuk merah memberi kehangatan atau dalam arti denotasi mulai memberi ilmu atau bimbingan.
  • Hitam melambangkan akhir,kedalaman,kematangan dalam berlatih dan penguasaan diri kita dari takut dan kegelapan.Hitam memiliki tahapan dari Dan 1 hingga Dan 9. Juga melambangkan alam semesta.

Terminologi Tae Kwon Do

  1. Sabeum = Instruktur
  2. Sabeum Nim = Instruktur Kepala
  3. Seonbae = Senior
  4. Hubae = Junior
  5. Tae Kwon Do Junshin = Prinsip Ajaran Tae Kwon Do
  6. Muknyeom = Meditasi
  7. Dobok = Seragam Tae Kwon Do
  8. Ti = Sabuk Latihan
  9. Oen = Kiri
  10. Joonbi = Siap
  11. Sijak = Mulai (Tanpa Komando(biasa dilakukan di poomse))
  12. Kalryeo = Stop
  13. Keysok = Lanjutkan
  14. Keuman = Selesai
  15. A Nee = Tidak
  16. Yee = Ya
  17. Eolgol = Sasaran atas
  18. Moumtong = Sasaran tengah
  19. Arae = Sasaran bawah
  20. Kyungrye = horm
  21. chariot= mempersiapkan diri
  22. nici= sekian
  23. belci ki manisi= tempat istirahat
  24. menicip= pengawas taekwondo
  25. dobeon= dua kali
  26. sambeon= tiga kali
  27. iljang= satu
  28. ijang= dua
  29. samjang= tiga
  30. sahjang= empat
  31. ohjang= lima
  32. yukjang= enam
  33. chiljang= tujuh
  34. paljang= delapan
Iklan

16 Responses to Taekwondo

  1. putraxx berkata:

    Hy aq putra nagh tkd sulteng
    Gni Aq cma mu ksih tnggal komentar
    Sbnar aa bkan merah strip hitam dua pertama
    tpi merah strip hitam satu dahulu
    trimssss

  2. .muhammad handal hamdallah berkata:

    hai sahabat taekwondo sejati

  3. cha2 berkata:

    wah,,makasih infonya.. saya dari palembang.. baru ikut tae kwon do..^^

  4. hamidzic berkata:

    woow.. tetep semangat ya..

  5. aneuk rantoe berkata:

    salam kompak taekwondoin indonesia..salam kenal dr kami taekwondoin dojang stta yogyakarta

  6. WAYAN PRAMANA berkata:

    gan klo aku baru pengen belajar taekwondo tujuannya sih buat balas dendam gtu,, yg aku mw tanyain aku ni kan orangnya culun pake kaca bisa gak ya ikut taekwondo?
    kalo untuk persiapannya sih aku dah mulai fitnes selama 2 bulan, tapi kata temenku badan gede belum ga menjamin menang berantem, trus aku liat liat semua video bela diri dari aikido karate taekwondo dll,, aku tertariknya ama jurus taekwondo yang tornado kick sekali tendang bisa ko musuhnya,,

    • hamidzic berkata:

      pada dasarnya semua bisa gan. asal ada kemauan keras, ikhtiar dan konsisten latihan..
      dulu saya sebelum latihan taekwondo sering bengek, kalo main bola sering cidera, dan di pandang sebelah mata sama teman2 yang suka berantem.. tapi alhamdulillah saya bisa terus konsisten sampe sekarang dan mengalami perubahan.

      saran saya beladiri jangan di gunakan untuk balas dendam bro, balas dendam itu tidak baik. hhe

      o iya memang benar badan besar belum jaminan.. justru badan kecil tapi lincah itu lebih susah di lawan bro..
      contohnya coba criss jhon lawan aderay.. 100% ane dukung cris jhon yang menang gan..

      btw.. thanks dah mampir 🙂

  7. andry berkata:

    dulu saya prnh ikut taekwondo saat msh sma sampai sabuk merah strip hitam. sbnarnya klo dikash ijin sama ortu tuk ikut ujian naik sabuk, mngkin saya dah sabuk hitam. wktu itu saya sngat berambisi tuk jadi yg trbaik n mmang…..taekwondo lebih bgus drpd beladiri yg lain (mis : karate). tp ada 1 aliran beladiri yg saya anggap terbaik di dunia….kungfu. di kungfu, smuanya serba komplit. ada bntingan, pukulan, tendangan, kunci, salto, bisa pkai senjata, n msh bnyak lagi. so…mnurut saya, jika tman2 taekwondoin mau ilmu beladirinya lebih hbat lagi…pelajarilah kungfu. itung2 nambah bkal buat jaga diri ;p
    n tman2 taekwondoin ga usah berkecil hati….karna menurut saya, lewat latihan taekwondo, qta dah bisa latihan kungfu coz taekwondo latihannya lebih keras n lebih susah drpd beladiri yg laen.
    oh iya, skedar tmbahan. saya plg ga suka nonton sparingnya taekwondo coz cuma andalin tendangan. padahal, ada tangan…knapa ga digunakan aja? kalo berkelahi jalanan n musuh gunain senjata tajam (pisau, golok, dsb) atau maen borong, bisa bahaya tuh. seandainya tman2 taekwondoin lg sparring, cobalah lebih tenang n fokus pada lawan. psti bisa ditebak tuh gerakan lawan.
    sorry kalo komentar saya agak berlebihan…coz saya ambil dari pengalaman pribadi n kbetulan saya dah sring ngalami bentrok dgn org2 jahat (diborongi tentunya n musuh gunain alat tajam)
    mohon maaf kalo….komentar saya ini ada yg salah. anggap saja sekedar tukar pikiran n ga perlu diikuti kalo mmg menurut teman2 salah. n kalo ada dari teman2 yang trima n dianggap ada yang benar….alhamdulillah.

    salam taekwondo

    • hamidzic berkata:

      trims dah sharing bro..
      betul gerakan2an taekwondo merupakan gerakan dasar yang sangat powerfull sekali terutama gerakan kakinya.. maka tak jarang di bela diri lain gerakkan taekwondo itu juga ada namun dengan nama yang berbeda.

      setahu saya ada lagi yang lebih bagus dari kungfu yaitu taichi. hhe

      dan saya sependapat kalau gerakan taekwondo tidak sepenuhnya bisa diterapkan pada pertarungan real. karena mau gak mau pasti harus pakai tangan. dan gerakannya pun tak se kaku saat latihajn.. kalau di luar pokoknya semua yang kita miliki harus di keluarkan.. hhe

      kalau di sparing memang tidak menggunakan tangan karena sangat bahaya sekali apabila pukulan mengena telak di kepala tanpa tangan menggunakan sarung tangan.. tapi setahu ane kita boleh menggunakan pukulan asalkan pukulan itu tepat lurus mengena di uluh hati 🙂 CMIIW

  8. Willy Mardian berkata:

    sparring yuk bro 🙂 hehehe

  9. What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I’ve discovered
    It positively useful and it has aided me out loads.
    I am hoping to give a contribution & help other customers like its helped me.
    Good job.

  10. Charlie berkata:

    Very good post. I am experiencing some of these issues
    as well..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: