MENCEGAH VIRUS DAN MEMBASMI VIRUS PADA KOMPUTER

Kalo udah ngomongin masalah virus, pasti membicarakan sesuatu yang sulit untuk di hilangkan. sama seperti virus C.I.N.T.A jika sudah melekat pasti sulit untuk di hilangkan. Betul tidak ! ( logat A’A’ gym). 🙂

Sebagai pengguna komputer, anda mungkin merasa jengkel, kesel, benci dan pasti bingung menghadapi virus yang bermunculan dan menginfeksi komputer anda.. oke biar gak bingung segera cari tiang di dekat anda untuk pegangan..hhe..

Kebanyakan para pengguna komputer khususnya yang masih awam seperti saya ini, hanya pasrah dengan antivirus yang ter-install  dan tidak peduli kalau sudah ter-update apa belum. Dan terkadang kita juga membiarkan saja komputer kita terkena virus sehingga jalan satu-satunya adalah mempercayakannya pada teknisi untuk di install ulang. Hal ini membuat anda dirugikan baik uang maupun waktu.Okeh biar gak makin bingung, berikut ini tahap-tahap membuat komputer kita kebal dari virus :

1 ) Menggunakan Antivirus yang selalu di-update  Secara berkala( semua antivirus pada dasarnya akan berfungsi secara baik jika kita selalu update secara rutin).

2).Non-aktifkan fungsi autorun pada Windows. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah virus yang memanfaatkan file autorun.inf yang berada dalam flashdisk untuk dijalankan secara otomatis jika fungsi autorun aktif.

3 ) Untuk Komputer yang terhubung ke jaringan, selalu gunakan firewall.

4 ) Lakukan scan virus pada flashdisk atau hardisk external yang masuk ke komputer.

5 ) untuk data-data yang penting seperti dokumen Ms Word, Excel, dan file-file lain yang berekstensi .exe, anda dapat mengkompresi ke file .zip atau .rar.

6 ) ubah file-file .doc menjadi .rtf(rich text format) karena banyak virus yang menginfeksi file berekstensi.doc.

7 ) Gunakan program-program pencegah virus seperti Deep Freeze, System Protect dan sebagainya..

8 ) rename file msvbvm50.dll dan msvbvm60.dll yang ada di C:\WINDOWS\system 32 dengan nama lain misalnya menjadi fileku.dll dan punyaku.dll.

9 ) Jika virus yang menginfeksi komputer anda sudah parah dan antivirus anda sudah tidak mempan melawan keganasan virus tersebut maka  lakukanlah Restore dengan menggunakan system restore pada Windows..

caranya :

a) klik Sart>>All Programs>>Accesories>>System Tools>> system Restore

b) Klik Next>, kemudian pilih check point pada waktu yang anda inginkan dimana komputer anda belum terinveksi virus..  kemudian klik Next>

c)  Selanjutnya proses restore berlangsung, kemudian komputer akan restart dengan sendirinya. setelah restart maka konfigurasi akan kembali ke awal dimana komputer belum terinveksi.

10 ) jika tidak berhasil maka copot hardisk anda dan scan pada komputer lain.

Alternatif lain jika belum bisa menghapus virus tersebut maka barulah anda menginstall ulang system operasi.. jika tidak berhasil juga maka saya sarankan untuk membuangnya dan membeli komputer baru. 🙂

Iklan

4 Responses to MENCEGAH VIRUS DAN MEMBASMI VIRUS PADA KOMPUTER

  1. heripagaralam berkata:

    Terimakasih informasinya…!

  2. ma'e berkata:

    kgk usah dibuang kale,mid… sayang amat,mending buat gw.. wkwkwkwk…
    klo udah di-install ulang operating system nya,virus otomatis bakalan ilang kok.. karena semua file dan data2 yg ada di komputer akan diganti dgn yg baru jika di-install ulang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: