Hukum Moore

Hukum Moore
Hukum Moore adalah salah satu hukum yang terkenal dalam industrimikroprosesor yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor.Diperkenalkan olehGordon E.moore salah satu pendiri Intel. Ia mengatakan bahwapertumbuhan kecepatan perhitungan mikroprosesor mengikuti rumusan eksponensial. Perkembangan teknologi dewasa ini menjadikan  HUKUM  MOORE semakin tidak Relevan untuk meramalkankecepatan mikroprossesor. Hukum Moore, yangmenyatakan bahwa kompleksitas sebuah mikroprosesorakan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali, sekarangsemakin dekat kearah jenuh. Hal ini semakin nyata   setelah Intel secara resmi memulai arsitektur prosesornya dengancode Nehalem. Prosesor ini akan mulai menerapkan teknik teknologi nano dalam pembuatan prosesor, sehingga tidak membutuhkan waktu selama 18 bulan untuk melihatpeningkatan kompleksitas tapi akan lebih singkat.
Akan tetapi, saat ini Hukum Moore telah dijadikan target dan tujuan yang ingin dicapaidalam pengembangan industri semikonduktor. Peneliti di industri prosesor berusahamewujudkan Hukum Moore dalam pengembangan produknya. Industri materialsemikonduktor terus menyempurnakan produk material yang dibutuhkan prosesor, danaplikasi komputer dan telekomunikasi berkembang pesat seiring dikeluarkannya prosesoryang memiliki kemampuan semakin tinggi.Secara tidak langsung, Hukum Moore menjadi umpan balik (feedback) untuk mengendalikanlaju peningkatan jumlah transistor pada keping IC.
Hukum Moore telah mengendalikansemua orang untuk bersama-sama mengembangkan prosesor. Terlepas dari alasan-alasantersebut, pemakaian transistor akan terus meningkat hingga ditemukannya teknologi yanglebih efektif dan efisien yang akan menggeser mekanisme kerja transistor sebagaimana yangdipakai saat ini.Meskipun Gordon Moore bukanlah penemu transistor atau IC, gagasan yang dilontarkannyamengenai kecenderungan peningkatan pemakaian jumlah transistor pada IC telahmemberikan sumbangan besar bagi kemajuan teknologi informasi. Tanpa jasa Mooremungkin kita belum bisa menikmati komputer berkecepatan 3GHz seperti saat ini.Yah mungkin itulah sekilas tentang sebuah pengetahuan komputer dalam hakikatnya manusiaharus lebih berpikir jernih tuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik.teknologi masa depantelah menunggu gordon moore baru yang akan menemukan hukum hukum lain tentangtransistor.
Karakteristik Mikroprosesor 
Berikut adalah karakteristik penting dari mikroprosesor :
1.Ukuran bus data internal (internal data bus size)
Jumlah saluran yang terdapat dalammikroprosesor yang menyatakan jumlah bit yang dapat ditransfer antar komponen di dalammikroprosesor.
2.Ukuran bus data eksternal (external data bus size)
Jumlah saluran yang digunakan untuk transfer data antar komponen antara mikroprosesor dan komponen-komponen di luar mikroprosesor.
3.Ukuran alamat memori (memory address size)
Jumlah alamat memori yang dapat dialamatioleh mikroprosesor secara langsung.
4.Kecepatan clock (clock speed )
Rate atau kecepatan clock untuk menuntun kerjamikroprosesor.
5. Fitur-fitur spesial (special features):
Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu sepertifasilitas pemrosesan
 floating point , multimedia dan sebagainya.Micro pr0sessor-athlon64
Review :
hukum moore adalah hukum yang di perkenalkan oleh Gordon E. Moore yang berisi “pertumbuhan kecepatan processor mengikuti rumusan eksponensial” yaitu kompleksitas peningkatan kecepatan microprocessor akan meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan sekali.
seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi hukum moore ini semakin tidak relevan karena tarnyata untuk mencapai kompleksitas 2x lipat tidak perlu harus menunggu 18 bulan.
meskipun demikian, hukum moore saat ini dijadikan sebagai acuan dan target para pengembang microprocessor untuk mengembangkan microprocessor
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: