Birrul Walidain (Berbakti Pada Orangtua dan Guru)

12 Januari 2016

81berbakti1

Tujuan/target:

  • Pembaca mengetahui kewajiban kepada orangtua
  • Pembaca mengetahui cara menghormati orang tua dan guru.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Berbakti Kepada Orangtua

Adik-adik, sekarang coba deh bayangin wajah kedua orangtuamu. Dulu waktu kita belum melihat dunia…kita tahu pasti ibu kita kesusahan waktu membawa-bawa berat badan kita di perutnya selam 9 bulan. Dengan payah dan penderitaan saaat melhirkan kita, tetapi ibu kita terobati rasa sakitnya dengan suara tangisan kita. Alhamdulillah …akhirnya kita lahir …!! Baca entri selengkapnya »


Bahaya Lisan

12 Januari 2016

diam1

Arahan:

  • Peserta menyadari bahwa lidah merupakan salah satu nikmat Allah
  • Peserta mengetahui kegunaan dari lidah
  • Peserta memahami bahaya lisan
  • Peserta mengerti adab dalam berbicara
  • Peserta termotivasi untuk selalu menjaga lisannya

Pendahuluan

   Ada yang tahu ngga lisan itu apa? Nah… benar! Lisan adalah kata-kata, dan kata-kata ini keluar lewat apa? Ya benar, melalui mulut kita dan di mulut ini ada gigi dan lidah yang membuat pengeluaran/pengucapan lisan kita. Lidah termasuk nikmat Allah SWT yang sangat besar bagi kita. Kebaikan yang diucapkannya melahirkan manfaat yang luas dan kejelekan yang dikatakannya membuahkan ekor keburukan yang panjang.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah telah memperingatkan kita untuk mempergunakan lidah kita dengan hati-hati , bunyi haditsnya sebagai berikut : Dari Abi Hurairah r.a., sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda : “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, maka hendaklah ia berkata yang baik-baik atau hendaklah ia diam; dan barangsiapa yang percaya kepada Allah dan hari kemudian, maka hendaklah menghormati tetangganya, dan barangsiapa yang percaya kepada Allah dan hari kemudian, maka hendaklah menghormati tamunya.” (H.R. Bukhari-Muslim). Baca entri selengkapnya »


Ma’rifatul Rasul (Mengenal Rasul)

9 Januari 2016

muhammad-rasulullah

 TUJUAN

  • Peserta memahami makna risalah dan Rasul
  • Peserta memahami kewajiban beriman kepada Rasul
  • Peserta mengetahui tugas para Rasul
  • Peserta mengetahui sifat-sifat Rasul

GAMES
A. Judul : Games Ilmu
B. Skema/gambar :

Capture 2

Media dan Bahan :

  1. Sebuah naskah pembahasan
  2. Serangkaian petunjuk
  3. Tiga lembar kertas bujursangkar per orang atau kelompok
  4. Sebuah gunting atau cutter

Baca entri selengkapnya »


Ma’rifatulloh (Mengenal Allah)

9 Januari 2016

Allah

TUJUAN

  • Peserta memahami makna dan maksud dari ma’rifatullah
  • Peserta mengetahui manfaat dan pentingnya ma’rifatullah
  • Peserta mengetahui jalan-jalan untuk mengenal Allah
  • Peserta mengetahui hal-hal yang menghalangi ma’rifatullah

RINCIAN BAHASAN

Makna Ma’rifatullah

Ma’rifatullah berasal dari kata ma’rifah dan Allah. Ma’rifah artinya mengetahui, mengenal. Mengenal Allah bukan melalui zat Allah tetapi mengenal-Nya lewat tanda-tanda kebesaran-Nya (ayat-ayat-Nya). Baca entri selengkapnya »


Rukun Islam

9 Januari 2016

Mengenal-Lebih-dekat-Rukun-ISLAM
TUJUAN

  • Peserta memahami makna dan hakikat rukun Islam
  • Peserta mengetahui tuntutan rukun Islam di dalam kehidupan seorang muslim

GAMES
A. Judul : Games Lima Garis
B. Skema/gambar :

Capture
C. Media : Papan tulis dan kapur
D. Bahan : Materi Rukun Islam
E. Langkah-langkah :

1.

Bentuk kelompok atau perorangan

Baca entri selengkapnya »


Jujur

9 Januari 2016

jujur

Arahan:

  • Peserta mengetahui bahwa jujur (shidiq) merupakan sifat yang dimiliki oleh para Nabi Allah dan orang-orang beriman.
  • Peserta mengetahui kaitan antara shidiq niat, lisan dan amal.

Pendahuluan

Masih ingatkah kalian ketika membahas tentang pengawasan Allah atau muraqabah, kita mengetahui bahwa salah satu buah muraqabah adalah sifat jujur.

Sifat Yang Dimiliki oleh Para Nabi Allah

Jujur adalah salah satu sifat yang selalu dimiliki oleh para nabi Allah. Sejak nabi Adam AS sampai ke nabi Muhammad SAW.

Kisah Teladan 1

Pada masa sebelum kenabian Rasulullah Muhammad SAW, terjadi banjir di Makkah yang mengakibatkan Baitullah Ka’bah rusak total. Baca entri selengkapnya »


BERBAKTI PADA ORANG TUA (Birrul Walidain)

9 Januari 2016

81berbakti1

Berbakti Pada Orang Tua

Arahan :

· Peserta memahami pentingnya berbakti kepada orang tua.
· Peserta mengerti akibat dari durhaka kepada orang tua.
· Peserta mengerti bentuk-bentuk birrul walidain dan termotivasi untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Oke, saya mau tanya nich, boleh khan? Boleh dong…… tadi pagi pada shalat shubuh semua khan? Yang bangunin siapa? Bangun sendiri apa dibangunin orang tua? Oh ada yang bangun sendiri? Bagus dech, tadi sebagian besar masih pada dibangunin orang tua yah……. Trus, tadi dapat ongkos sekolah dari siapa? Kayaknya semua dari orang tua yah ……

Oke dech, bisa nebak gak kira-kira kita mau bahas materi apa hari ini ? ….. nah bener kita sekarang mau bahas tentang ORANG TUA, dua orang yang mengasuh dan membesarkan kita sampe kita sebesar ini….. yang nggak bisa makan sampe sekarang udah pinter ngerjain soal fisika sama yang lain-lainnya. Sebenarnya, apa sih hebatnya ngebahas orang tua? Kenapa kita harus ngebahas tentang mereka? Ada yang mau jawab? Iya apa? Trus yang lain? Iya banyak ya alasannya kita harus ngebahas materi tentang bokap-nyokap….. tapi satu hal yang jelas, karena orang tua adalah orang yang sangat berjasa bagi kita, tapi biar tiap hari ketemu kita sampe kadang kita nggak nyadar akan pentingnya mereka. Sebagai orang yang sangat dekat pada kita, kita harus tahu lo akhlak kepada orang tua kita karena memang Rasulullah saw kan turun untuk menyempurnakan akhlak khan ?….

Baca entri selengkapnya »