Ma’rifatulloh (Mengenal Allah)

9 Januari 2016

Allah

TUJUAN

  • Peserta memahami makna dan maksud dari ma’rifatullah
  • Peserta mengetahui manfaat dan pentingnya ma’rifatullah
  • Peserta mengetahui jalan-jalan untuk mengenal Allah
  • Peserta mengetahui hal-hal yang menghalangi ma’rifatullah

RINCIAN BAHASAN

Makna Ma’rifatullah

Ma’rifatullah berasal dari kata ma’rifah dan Allah. Ma’rifah artinya mengetahui, mengenal. Mengenal Allah bukan melalui zat Allah tetapi mengenal-Nya lewat tanda-tanda kebesaran-Nya (ayat-ayat-Nya). Baca entri selengkapnya »


BERBAKTI PADA ORANG TUA (Birrul Walidain)

9 Januari 2016

81berbakti1

Berbakti Pada Orang Tua

Arahan :

· Peserta memahami pentingnya berbakti kepada orang tua.
· Peserta mengerti akibat dari durhaka kepada orang tua.
· Peserta mengerti bentuk-bentuk birrul walidain dan termotivasi untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Oke, saya mau tanya nich, boleh khan? Boleh dong…… tadi pagi pada shalat shubuh semua khan? Yang bangunin siapa? Bangun sendiri apa dibangunin orang tua? Oh ada yang bangun sendiri? Bagus dech, tadi sebagian besar masih pada dibangunin orang tua yah……. Trus, tadi dapat ongkos sekolah dari siapa? Kayaknya semua dari orang tua yah ……

Oke dech, bisa nebak gak kira-kira kita mau bahas materi apa hari ini ? ….. nah bener kita sekarang mau bahas tentang ORANG TUA, dua orang yang mengasuh dan membesarkan kita sampe kita sebesar ini….. yang nggak bisa makan sampe sekarang udah pinter ngerjain soal fisika sama yang lain-lainnya. Sebenarnya, apa sih hebatnya ngebahas orang tua? Kenapa kita harus ngebahas tentang mereka? Ada yang mau jawab? Iya apa? Trus yang lain? Iya banyak ya alasannya kita harus ngebahas materi tentang bokap-nyokap….. tapi satu hal yang jelas, karena orang tua adalah orang yang sangat berjasa bagi kita, tapi biar tiap hari ketemu kita sampe kadang kita nggak nyadar akan pentingnya mereka. Sebagai orang yang sangat dekat pada kita, kita harus tahu lo akhlak kepada orang tua kita karena memang Rasulullah saw kan turun untuk menyempurnakan akhlak khan ?….

Baca entri selengkapnya »


Tips Mencari Benda yang Hilang

15 Januari 2012

Kehilangan suatu benda merupakan hal yang sangat mengesalkan, apalagi benda itu sangat berharga dan sangat dibutuhkan. Di tambah lagi benda tersebut baru kita pegang beberapa menit lalu. ya pasti anda pernah kan mengalami hal ini, tak terkecuali bagi yang muda maupun yang tua.

kalo sudah terjadi seperti ini rasanya sangat kesal dan ingin marah-marah. di tambah lagi bertanya kepada seseorang yang bukannya membantu malah menyalahkan kita yang lupa menaruh benda tersebut.

sekarang kita akan bahas bagaimana cara mengatasi masalah ini.  Baca entri selengkapnya »


Fakta Mengejutkan dibalik Pembakaran Al-Quran di Amerika Serikat

23 September 2010

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan E-mail dari seseorang.. berikut kutipannya :

Saya hanya menyimpulkan pola pikir yang baru, mungkin sudah kehendak Allah untuk memperingatkan umat muslim melalui orang lain, walaupun telah muncul banyak tanda-tanda kiamat tetapi tidak dihiraukan karena sudah terlampau jauh tersesat dalam kenikmatan dunia dari petunjukNya yaitu Al-Quran. Baca entri selengkapnya »


Mengapa Allah jarang mengabulkan Doa kita?

17 September 2010

mau tau jawaban mengapa Allah jarang mengabulkan Doa kita ? mari kita lihat kutipan berikut :

Aku minta pada Allah setangkai bunga segar, Ia beri aku kaktus berduri… Aku minta pada Allah binatang yang mungil dan cantik, Ia beri aku ulat berbulu… Baca entri selengkapnya »